PKM PENGENALAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MILLENIAL DI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
Anco Anco(1*), Darwin Hartono(2), Endy Grade Tampubolon(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemajuan sains dan teknologi membawa perubahan yang begitu cepat baik fisik maupun psikis. Hal tersebut mengakibatkan dampak positsif dan negatif pada setiap sendi kehidupan termasuk didalamnya perilaku atau sikap masyarakat termasuk generasi milenial sebagai pengguna utama kemajuan teknologi. Perubahan sikap masyarakat yaitu generasi milenal perlu perhatian dan penanganan cermat terutama terhadap perubahan yang berdampak negatif salah satunya adalah meninggalkan nilai-nilai karakter budaya bangsa dan negara. Fenomena tersebut akhirnya menjadikan pendidikan karakter menjadi prioritas dalam kebijakan Pendidikan nasional bidang berkarakternya pendidikan. Pelaksanan kegiatan belajar mengajar dengan mengembangkan nilai-nilai karakter yang dianggap luntur diantaranya seperti nilai prinsip, keagamaan, semangat gotong royong, kenegaraan, dan kreatif mandiri. Nilai-nilai karakter bangsa yang mulai luntur terutama pada generasi milenial harus segera diatasi secara komprehensif agar memberikan dampak yang lebih positif dan bermartabat bagi bangsa dengan cara mendidik. Cara kegiatan ini yaitu mitra diberikan penjelasan dasar tentang nilai- nilai filosifis pendidikan karakter, dan kemudian dialog terkait pendidikan karakter. Adapun hasil yang didapatkan dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan dan pemahaman terkait pendidikan karakter yang harus diterapkan dalam kehidupannya yang dimulai dari hal yang kecil, oleh diri sendiri dan dimulai sedini mungkin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artino, A., Hartono, D., & Anco, A. (2022). PKM Peningkatan Kemampuan Literasi Kewirausahaan pada Milenial di Rawamangun Jakarta Timur. Batasa: Bangun Cipta, Rasa, & Karsa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 92–97. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i3.1248.
Hartono, D. (2020). Factors That Influence Income Inequality Distribution in Central Java Province. Literatus Journal, 2(2), 193–198.
Hartono, D., Anco, A., & Artino, A. (2022). Pengenalan Investasi Pasar Modal Pada Milenial Di Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(4), 115–118. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i4.1249
Hartono, D. (2022). Determinan Pembangunan Manusia Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Tengah. 155–164.
Mustofa, Ali. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 24-49.
Mochamad, A. A. (2021). Membumikan Pendidikan Kedamaian dengan Nilai Luhur Pancasila.
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Widya Accarya. 10 (1), 54-66.
Yusuf, Muhammad. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal.
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i2.1721
Article Metrics
Abstract Views : 140 | PDF Views : 117Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia