Pandemi covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia, memengaruhi berbagai sektor kehidupan dan juga mengubah pola kehidupan masyarakat. Salah satu yang terkena dampaknya adalah sektor pendidikan yang berubah dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran secara virtual. Selain itu juga membuat media literasi yang digunakan semakin berkembang yang memaksa semua pihak harus mengikuti perkembangan tersebut supaya proses belajar mengajar tetap berjalan dengan lancar dan tujuan pendidikan tetap tercapai dengan efektif dan efisien. Perkembangan pendidikan yang dipengaruhi oleh situasi pula mengakibatkan segala sesuatu bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Kemudian, dalam membangun sumber daya manusia dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan aplikasi ilmu pengetahuan agar nantinya bisa menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar. Salah satu yang saat ini bisa diandalkan untuk menjadi salah satu media pembelajaran adalah internet. Internet menjadi sebuah sarana yang berperan penting dalam proses belajar mengajar, terutama pada situasi pandemi seperti sekarang. Pemanfaatan internet juga bisa dijadikan sebagai media belajar mengajar yang bisa dieksplorasi oleh para pengajar untuk mencari sumber bahan ajar, sehingga pembelajaran tidak monoton dan lebih menarik yang nantinya berimbas kepada motivasi dan prestasi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, tim abdimas dari Universitas Indraprasta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, yaitu mengedukasi masyarakat yang terutama berkecimpung dalam dunia pendidikan, baik guru, peserta didik, maupun orang tua yang mendampingi peserta didik, mengenai pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran yang efektif. Jadi, internet dapat digunakan secara lebih positif.
Allan. (2005). Pengertian Internet dan Asal Usul dari Kata Internet. Surabaya: Penerbit Indah.
Hardjito. (2001). Pola Hubungan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Internet: Studi Survai MotifPemanfaatan Internet Siswa SMU dan SMK DKI Jakarta. (Tesis), Program Pascasarjana. Universitas Indonesia.
Jogiyanto, H.M. (2003). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kimber, R. & Nikki, D. (1998). Switched on learning: Improving the quality of teaching and learning through the use of information and learning technologies. Paper presented at the Fourth Symposium on Distance Education and Open Learning in Bandung.
Tharom, T. (2002). Mengenal Teknologi Informasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.