PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH MELALUI PROGRAM MAHASISWA PENGABDI KAMPUS MENGAJAR DI SD SWASTA AL ITTIHADIYAH KANDANGAN KECAMATAN PEMATANG BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN



Sinta Dea Anggraini(1*), Nurbaiti Octiviani Pulungan(2), Siska Erika Dewi(3), Hizmi Wardani(4),

(1) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
(2) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
(3) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
(4) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Kampus merdeka merupakan kegiatan dari kebijakan Menteri Pendidikan dengan mengajak mahasiswa untuk bekerjasama dalam kegiatan MBKM yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi kemampuan masing-masing mahasiswa disekolah, dengan kegiatan kampus mengajar dapat membantu mahasiswa untuk belajar menguasai berbagai keilmuan dan bertujuan untuk membantu mahasiswa untuk belajar mengembangkan bakat mahasiswa diluar kelas serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar menjadi seorang guru didalam kelas maupun diluar kelas agar mahasiswa mempunyai bekal untuk kedepannya dan bisa berencana kedepannya harus bagaimana menjadi seorang guru yang profesional. Kegiatan ini berbentuk kegiatan pengabdian kepada sekolah yang dilakukan di SD Swasta Al Ittihadiyah Kandangan di Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Metode  kegiatan digunakan  yaitu metode yang bertahap yaitu tahap  rencana  kegiatan,  tahap  pelaksanaan  kegiatan,  dan  tahap  perbaikan  dan tindak lanjut. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pengapdian ini yaitu ada 3 kegiatan membantu proses literasi, membantu proses pembelajaran pelajaran Matematika (numerasi), dan membantu adaptasi teknologi serta membantu melakukan administrasi disekolah. Hasil analisis pelaksanaan program kampus mengajar yang melakukan gerakan literasi dan numerasi untuk membantu peserta didik SD Swasta Al Ittihadiyah Kandangan sudah tercapaia sesuai dengan tujuan dari Kampus Mengajar.


Keywords


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kampus Mengajar, Literasi dan Numerasi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., ... & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8-14.

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bandung: Nilacakra Publishing House.

Suryaman, M., Qomaria, I. N., & Sari, T. P. (2022). Empowerment Of" Pelangi" Reading Homes As A Means Of Improving Children's Reading Literature In Palaan Village. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 305-311.

Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & Robani, M. E. (2021, December). Peran Mahasiswa sebagai Penggerak Literasi Bahasa dalam Program Kampus Mengajar Di SD Negeri 02 Longkeyang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Vol. 1, pp. 237-241).




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i1.1537

Article Metrics

Abstract Views : 321 | PDF Views : 267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter