PELATIHAN DETEKSI DINI KEGAWATDARURATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT



Siska Nia Irasanti(1), Yuniarti Yuniarti(2*), Febriana Kurniasari(3),

(1) Universitas Islam Bandung
(2) Universitas Islam Bandung
(3) Universitas Islam Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Kasus infeksi pada gigi dan mulut menjadi masalah kesehatan yang tinggi bagi banyak negara di seluruh dunia dan mempengaruhi kehidupan manusia sepanjang hidupnya karena menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, perubahan bentuk dan fungsi dan bahkan kematian. Penanganan yang segera dilakukan pada tahap  infeksi awal merupakan kunci kesembuhan penderita infeksi gigi dan mulut dan merupakan tindakan pencegahan terhadap kondisi yang fatal. Pemeriksaan dan  perawatan kesehatan gigi dan mulut menjadi perhatian khusus karena merupakan salah satu penyebab peningkatan transmisi penyebaran Covid-19. Pembatasan kunjungan ke dokter gigi kecuali kasus kegawatdaruratan pada kesehatan gigi dan mulut menyebabkan perlunya ada upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut di saat pandemi dengan deteksi dini kegawatdaruratan pada gigi dan mulut. Populasi yang berisiko tinggi harus mendapatkan perhatian khusus. Panti asuhan merupakan populasi yang berisiko karena terdiri dari sekumpulan anak asuh yang melakukan aktifitas bersama pada waktu dan tempat yang sama secara terus menerus, serta merupakan komunitas dengan determinan kesehatan yang rentan mengalami masalah kesehatan


Keywords


Infeksi, Gigi, Mulut, Panti Asuhan

Full Text:

PDF

References


Adiningrat, A. (2021). Implementasi Program Promkesgilut Berbasis Posbindu Di Dusun Talkondo. Webinar Abdimas 4,1058-1064.

Alam, R. I., & Subhan. (2020). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Sekolah Dasar Kecamatan Borisallo. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 8(2), 237-241.

Anam, K. (2019). Paradigma Kesehatan Dalam Islam Di Era Mellenial. Barko Group. Jawa Timur.

Arhakis, A. (2017). Social and Psychological Aspects of Dental Trauma, Behavior Management of Young Patients Who have Suffered Dental Trauma. The Open Dentistry Journal. 11:41-7.

Maulina, T. (2019). Edukasi Pencegahan Infeksi Oromaksilofasial Serta Penatalaksanaan Nyeri Pada Pasien Infeksi Nyeri Oromaksilofasial. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4(3) : 72-6.

Maulina, T. (2018). Edukasi Penatalaksanaan Nyeri Orofasial Pada Pasien Infeksi Dan Trauma Oromaksilofasial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(4) : 1-5.

Rahmayanti, H., Azwar, S. A., Ichsan, I. Z., Ilyasa F., & Nasrun, A. (2021). Pemberdayaan Keterampilan Mitigasi Banjir Masyarakat Jakarta Melalui Penyuluhan: Kegiatan Pengabdian Saat Pandemik Covid-19. Ethos. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 9(1), 72-78.

Royal College of Dental Surgeons of Ontario. (2020). Updated Guidance On Emergency And Urgent Care During Covid-19 Pandemic.

Sintawati, F., (2016). Pola Berobat Gigi Dan Status Kesehatan Gigi Di Provinsi Bangka Belitung. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 19(2), 141-7.

Triastuti, S. (2012). Peranan Panti Asuhan Dalam Pemberdayaan Anak Melalui Keterampilan Sablon. Diklus. 16(2). 121-133.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i4.1324

Article Metrics

Abstract Views : 424 | PDF Views : 435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter