PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM: STRATEGI PEMASARAN TANAMAN PORANG MELALUI CHANNEL YANG OPTIMAL PADA PLATFORM YOUTUBE
Maemunah Nurmaya Sari(1*), Andri Waskito(2), Diah Pramestari(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Mpu Tantular
(3) Universitas Persada Indonesia YAI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengusung tema pelatihan Digital Marketing untuk UMKM yang bertujuan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat khususnya UMKM Petani Porang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan para UMKM yang bergerak di usaha pertanian Porang terutama dalam keterampilan Digital Marketing, khususnya terkait dengan pengoptimalan channel YouTube
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Accestrade. (2020). Sejarah YouTube Dari Awal Tercipta Hingga Jadi Situs Video Terbesar Dunia. Accestrade.Co.Id. https://accesstrade.co.id/sejarah-youtube-1519
Awwaabiin, S. (2020). Giveaway: Strategi Marketing Kekinian Buat Memikat Pelanggan. https://www.niagahoster.co.id/blog/giveaway-adalah/
Daniel, V. (2021). 21 Statistik YouTube Yang Perlu Diketahui Setiap Pemasar pada tahun 2021. Affde.Com. https://www.affde.com/id/youtube-stats-for-marketers.html
Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand awareness, brand image and purchase intention in the millennial generation. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1787733
Google Trends. (2021). https://trends.google.co.id/trends/explore?q=porang&geo=ID
Luthfi, W. (2021). Mantap! Hampir Seluruh Netizen Indonesia Adalah Pengguna YouTube. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/07/05/mantap-hampir-seluruh-netizen-indonesia-adalah-pengguna-youtube
Nazeral, S. (2017). How YouTube influencers are rewriting the marketing rulebook. Think with Google, 1.
Sari, M. N., Waskito, A., & Saripah. (2022). Analisis Potensi Ekonomi Tanaman Porang dan Konten Kreator Porang Melalui Platform Youtube. April, 64–74.
Sari, S.P. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930698
Schwemmer, C., & Ziewiecki, S. (2018). Social Media Sellout: The Increasing Role of Product Promotion on YouTube. Social Media and Society, 4(3). https://doi.org/10.1177/2056305118786720
Sendari, A. A. (2021). Thumbnail adalah Gambar Pratinjau, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya. Hot.Liputan6.Com. https://hot.liputan6.com/read/4696235/thumbnail-adalah-gambar-pratinjau-kenali-fungsi-dan-cara-kerjanya
Stephanie, C. (2021). YouTube Pangkas Syarat Jumlah Subscriber untuk Akses Fitur “Community.” https://tekno.kompas.com/read/2021/09/13/09400057/youtube-pangkas-syarat-jumlah-subscriber-untuk-akses-fitur-community-
Pratomo, Y. (2021). Pengguna Medsos di Indonesia Habiskan 25 Jam Per Bulan untuk Nonton YouTube. Tekno.Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/17020027/pengguna-medsos-di-indonesia-habiskan-25-jam-per-bulan-untuk-nonton-youtube
Reino, S., & Hay, B. (2011). The Use of YouTube as a Tourism Marketing Tool. Social Sciences, 2(2002). http://eresearch.qmu.ac.uk/2315/
Wang, R., & Chan-Olmsted, S. (2020). Content marketing strategy of branded YouTube channels. Journal of Media Business Studies, 294–316. https://doi.org/10.1080/16522354.2020.1783130
Wu, K. (2016). Youtube Marketing: Legality of Sponsorship and Endorsements in Advertising. JL Bus & Ethics, 22, 59. https://heinonline.org/HOL/LandingPage?handle=hein.journals/jourlbun22&div=8&id=&page=
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i3.1252
Article Metrics
Abstract Views : 364 | PDF Views : 345Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia