PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PEMBUATAN E-PRESENTATION DENGAN APLIKASI CANVA FOR EDUCATION
Ahmad Fahrudin(1*), Adhis Darussalam Pamungkas(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Presentasi elektronik adalah dokumen presentasi yang dibuat dengan menggunakan berbagai alat seperti powerpoint, Canva, yang sangat berguna dalam memberikan presentasi kepada guru dari berbagai bidang, baik itu mata pelajaran produktif, adaptif mau pun normatif. SMA Plus Ibadurrahman saat ini mengalami kendala dalam mencari penyesuaian media pembelajaran pada situasi saat ini dalam rangka penyempurnaan media sistem pembelajaran di sekolah, maka dalam hal ini implementasi presentasi elektronik disepakati melalui kegiatan pelatihan. Tujuan kegiatan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan keterampilan guru SMA Plus Ibadurrahman dalam membuat presentasi elektronik. Metode operasional yang digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode presentasi dan praktek menggunakan media PowerPoint dan Canva, dimana seluruh peserta pelatihan, setelah menerima materi yang disampaikan, mempraktekkan apa yang telah dilakukan. Hasil dari kegiatan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pemahaman penerapan penggunaan proyeksi elektronik bagi guru SMA PLUS IBADURRAHMAN peserta pelatihan. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, tersebut dapat memberikan pemahaman baru mengenai terdapatnya penggunaan media pembelajaran alternatif yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran secara daring
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainin, M., Ahsanuddin, M., & Asrori, I. (2018). Pelatihan Powerpoint Bagi Guru Bahasa Arab MTs Kota dan Kabupaten Kediri. 1(1), 74–79.
Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E- Learning Universitas Negeri Padang. 17(2), 1–10.
Ayuningtyas, A., H., A. S., Pujiastuti, A., Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT) Salsabila Al Muthi ’ in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Teknologi, 1(No. 1), 1–6.
Craig, R. J., & Amernic, J. H. (2006). PowerPoint presentation technology and the dynamics of teaching. Innovative Higher Education, 31(3), 147–160. https://doi.org/10.1007/s10755-006-9017-5
Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8, 19–35.
Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dengan. Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa, XIV No.1(3), 25–34.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arifianto, A. S. (2016). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 1(1), 48–52.
Shallcross, D. E., & Harrison, T. G. (2007). Lectures: electronic presentations versus chalk and talk – a chemist’s view. Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Widiyarto, S., Mubasyira, M., Tiwinyanti, L., Sartono, L. N., Alifah, S., & Pamungkas, A. D. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti melalui Metode Story Telling Bagi Guru Pondok Darunnadwah Cikarang - Bekasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 222–227. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2137
Yulianti, F. (2019). Peningkatan Keterampilan Guru Membuat Powerpoint Melalui in House Training di SD Negeri Pabuaran. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 99–114. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i3.206
Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Wiyono, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat E - Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Sma Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 23(2), 332–337.
Sukoco, Arifin, Z., Sutiman, & Wakid, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 215–226.
Usodo, B., Kurniawati, I., & Kuswardi, Y. (2016). Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi Dari Microsoft : Office Mix , Onenote , Sway Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 743–752.
Uz, Ç., Orhan, F., & Bilgiç, G. (2010). Prospective teachers’ opinions on the value of PowerPoint presentations in lecturing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2051–2059. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.280
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i3.1251
Article Metrics
Abstract Views : 301 | PDF Views : 272Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia