PKM WORKSHOP PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PADA GURU PKBM TUNAS BARU CIKAMPEK



Fadli Rasam(1), Ani Interdiana Candra Sari(2*), Elin Karlina(3), Al-Qomari Cahyo(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari diadakan abdimas pada PKBM Tunas Baru yang berada diwilayah Desa Jatibaru, Cikampek, Karawang Jawa Barat adalah untuk menerapkan metode pembelajaran secara bervariasi dalam PBM. Metode yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan pelatihan. Hasil dari PKM pada PKBM Tunas Baru adalah: (1) Tutor mampu memahami materi yang diberikan. (2) Tutor mampu menganalisis macam-macam media pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (3) Tutor mampu memotivasi diri untuk menjadi kreatif dalam menggunakan media pembelajaran.


Keywords


Metode Pembelajaran, Tutor, PBM

Full Text:

PDF

References


Asmani, Ma’mur Jamal. (2012). Tujuh Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Hakim, A. Imron, dkk. (2020). Studi Implementasi Standar Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Sumatera Selatan. Jurnal OBOR PENMAS Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 3 No. 1.

Nurfuadi. (2012). Profesionalisme Guru, Purwokerto : STAIN Press.

Putra, Anugrah Riza, dkk. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.Vol.1 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i4.1200

Article Metrics

Abstract Views : 110 | PDF Views : 91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter