Konseling kelompok teknik self-management efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMA



Arimbi Arimbi(1*),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa.  Dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi diri, diharapkan siswa dapat mencapai prestasi dan hasil belajar yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan rasa percaya diri siswa menggunakan teknik self-management melalui layanan konseling kelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Menganti, dengan jumlah sampel empat siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel merupakan siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah berdasarkan hasil pengolahan data insrtumen kepercataan diri. Hasil penelitian diuji menggunakan teknik uji Wilcoxon pada SPSS for Windows versi 23.0, dan hasilnya menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif penggunaan strategi self-management dalam konselong kelompok terhadap kepercayaan diri siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Menganti. 


Keywords


Self-Management, Konseling, Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Anthony, R. (1992). Rahasia Membangun Kepercayaan Diri (terjemahan Rita Wiryadi). Jakarta: Binarupa Aksara.

Bandura, A.,1977, Social Learning Theory, New Jersey: Prentice Hall Inc.

Bunker,B.B., Major,B., & Instone,D.. (1983). Gender, Self Confidence, and Influence Strategies: An Organizational Simulation. Journal of Personality and Social Psychology, Volume 44, No 2,322-333, USA: APA Inc.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. Vol 1, No.1.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal PSIKOPEDAGOGIA 2016. Vol. 5, No. 1 ISSN: 2301-6167. Jakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Nurzaakiyah, S., & Nandang Budiman. (2011). Teknik Self-Management dalam Mereduksi Body Dysmorphic Disorder. Jurnal Penelitian: UPI Bandung diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/197102191998021-NANDANG_BUDIMAN/TEKNIK_SELF_MANAGEMENT.pdf

Rifki, M. (2008). Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa di SMA Islam Almaarif Singosari. Penelitian Skripsi Bimbingan dan Konseling Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Diakses dari http://etheses.uin-malang.ac.id/4134/1/03160015.pdf

Siswadi, A. A. & Fahmi Ulumudin. (2018). Efektivtas Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling: IKIP Siliwangi. Diakses dari file:///C:/Users/user/Downloads/4167-10681-2-PB%20(1).pdf




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42442

Article Metrics

Abstract Views : 1158 | PDF Views : 624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arimbi Arimbi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.