Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Efektif Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMPN 48 Surabaya



Jahiras Jahiras(1*),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Perasaan rendah diri yang dimiliki seorang siswa akan memiliki pengaruh negatif, maka dari itu untuk memiliki konsep diri yang positif perlu dilakukan kegiatan bimbingan secara berkelompok yang tepat dari guru bimbingan dan konseling. Bimbingan kelompok adalah aksi pemberian penjelasan kepada sekolompok murid guna menolong siswa mengatur rencana dan membuat keputusan yang tepat. Tujuan penelitian ini guna mendeskripsikan pengaruh teknik psikodrama dalam bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa kelas VIII SMPN 48 Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain pretest dan post test karna pada obsevasi ini diukur dan dilaksanakan dua kali. Data yang dikumpulkan pada observasi ini dilakukan dengan cara mengerjakan lembar skala pengukuran oleh para siswa yang ditunjuk sebagai subyek penelitian. Treatment dilakukan menggunakan layanan bimbingan yang dilakukan secara berkelompok melalui teknik psikodrama. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dampak yang relavan hal itu dapat dilihat dari meningkatnya konsep diri anak yang rendah.

Keywords


Psikodrama, Konseling, Siswa

Full Text:

PDF

References


Affiyani, P. (2013). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Metode Psikodrama Untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif.

Ana. A. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Harapan Hasil (Outcome Expectations) Karir Siswa. Dalam http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk Diakses pada tanggal 20 Desember 2019.

Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. PT Refika Aditama: Bandung.

Herwanto, R. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Bandar Lampung. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2019.

Mark B. Scholl PhD & Sondra Smith-Adcock PhD. (2007). Using Psychodraman Techniques to Promote Counselor Identity Development in Group Supervision.

Nurfaizal. (2016). Penggunaan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa.” Jurnal Fokus Konseling 2 no. 2 (2016): 160-72.

Prayitno, Afdal, dkk. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Penerbit Galia Indonesia: Bogor.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42441

Article Metrics

Abstract Views : 561 | PDF Views : 321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jahiras Jahiras

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.