Bimbingan kelompok teknik self instruction efektif untuk mereduksi burnout belajar siswa VII SMP Taruna Jaya 1 Surabaya



Prilianinda Prilianinda(1*), Ayong Lianawati(2), Sutijono Sutijono(3),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas dalam bimbingan kelompok terhadap Burnout belajar siswa kelas VII SMP Taruna Jaya 1 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design, pada populasi 51 siswa kelas VII. Pada penelitian ini sampel melibatkan 7 siswa kelas VII yang diambil secara purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan diperoleh Asymp. Sig= 0,018 Perbandingan Asymp. Sig = 0,018 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan teknik self instruction dalam bimbingan kelompok terhadap burnout belajar siswa siswa VII SMP Taruna Jaya 1 Surabaya.

Keywords


Self Instruction, bimbingan kelompok, Burnout

Full Text:

PDF

References


Dwi, A. (2013). Pengaruh pemberian Layanan Informasi untuk Mengurangi Burnout Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Pura. Jurnal Penelitian Sekolah.

Hakim. (2004). Belajar Secara Efektif dengan Integritas pada Peserta Didik. Jakarta: Pustaka Pembelajaran Nusantara.

Lestari, L. P. (2009). Pelatihan Metode Self Instruction untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA, Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.

Nunung, A. (2016). Penelitian Terdahulu Mengenail Self Instruction Banyak Terapa dalam Bidang Akademik. Jurnal Sekolah.

Raber, A. S. (1988). The Penguin Dictionary Of Pchychology, Journal Ringwood Victoria : Book Australia Ltd.

Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Yogyakarta.

Sutrisno, H. (2004). Penelitian Terdahulu melalui Psikologi dalam Bidang Akademik. Penelitian Ilmu Psikologi.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42434

Article Metrics

Abstract Views : 505 | PDF Views : 354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prilianinda Prilianinda, Ayong Lianawati, Sutijono Sutijono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.