Konseling behavior contract untuk mengurangi perilaku membolos sekolah di tingkat menengah kejuruan



Cindy Marisa(1*), Wildha Banu Yekti(2), Yeni Karneli(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) SMK Taruna Bhakti
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kasus membolos yang sudah umum terjadi merupakan perilaku maladaptif yang sering dialami siswa di sekolah. Perilaku terjadi akibat ketidakmampuan siswa dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan. Teknik Behaviour Contract yang bertujuan mengubah perilaku individu dapat menjadi solusi atas tindakan maladaptif tersebut. Teknik ini dilakukan dengan kesadaran dan komitmen yang baik antara konselor dengan klien. Prinsip dasar dalam teknik Behaviour Contract, antara lain:  1) Kontrak dilakukan dengan penguatan, 2) Penguatan harus segera dilakukan, 3) Kontrak dinegosiasi secara bebas dan terbuka serta disepakati bersama, 4) Kontrak adil dan jelas, 5) Kontrak memiliki kejelasan target tingkah laku, frekuensi dan lamanya kontrak, 6) Kontrak terintergritas dengan program sekolah. Penggunaan layanan konseling perorangan dengan teknik behavior contract dapat terapkan konselor sehingga klien mempunyai mempunyai kesadaran dan menghapus perilaku membolos di sekolah menengah.


Keywords


Konseling,Teknik Behavior Contract, Membolos

Full Text:

PDF

References


AISYATUL WIDAD, M. A. S., & DIBYO WIYONO, B. (2020). KONFORMITAS PERILAKU MEMBOLOS SEKOLAH PADA SISWA SMK ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK. Jurnal BK UNESA, 11(4).

Alwahbi, A. (2020). The use of contingency contracting in educational settings: A review of the literature. Educational Research and Reviews, 15(6), 327–335.

Anyamene, A. P., Anyachebelu, F. E., & Ngozi, A. (2017). Effects of Individualized Counselling Technique on Remedying Truancy Among Junior Secondary School Students. Journal of Guidance, 1(1), 15–19.

ARDIYANTI, M., & INDAH PRATIWI, T. (2018). Studi Tentang Penanganan Perilaku Membolos Peserta Didik oleh Konselor Sekolah di SMP Negeri Se Kecamatan Kerek-tuban. Jurnal BK UNESA, 8(2).

Aziz, R. (2018). Peranan Kecerdasan Emosional terhadap penyesuaian diri dan perilaku delinkuen pada remaja di Yogyakarta. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 3(1), 83–98.

Badriah, L. (2018). Persepsi Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Ali Maksum. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(1), 16–30.

Basa, M. J. M. (2014). BOTTLENECKS AFFECTING PROFESSIONAL PRACTICE AMONG FILIPINO ARCHITECTS CROSSING ASEAN BORDERS: A REVIEW. PEMBANGUNAN SOSIAL DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEN, 5, 316.

Bee Sanna, J. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Teknik Kontrak Perilaku untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Pribadi Siswa Kelas Viii-f SMP Negeri 34 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 8(1).

Chalimi, M. K. (2017). Implementasi Teknik Behavior Contract untuk Memotivasi Siswa dalam Penyelesaian Pekerjaan Rumah (PR) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pilangkenceng Madiun. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(1), 82–89.

Clarke, M., & Scurry, T. (2020). The role of the psychological contract in shaping graduate experiences: a study of public sector talent management programmes in the UK and Australia. The International Journal of Human Resource Management, 31(8), 965–991.

Erford, B. T. (2017). Orientation to the counseling profession: Advocacy, ethics, and essential professional foundations. Pearson.

Erlina, N., & Fitri, L. A. (2016). Penggunaan Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Behavioral untuk Mengurangi Prilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Merabung Iii Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 19–28.

Fandini, P., Sulatani, S., & Susanto, D. (2018). LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA PGRI 2 BANJARMASIN TAHUN AJARAN2017/2018. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 13–20.

Fiara, A., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2019). Analisis faktor penyebab perilaku tidak disiplin pada siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).

Haq, M. D. D. (2019). PERAN GURU BK DALAM MENANGANI PRILAKU MEMBOLOS SISWA DI MTs NU RAUDLATUS SHIBYAN. KONSELING EDUKASIJournal of Guidance and Counseling, 3(2).

Islami, J. (2020). HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN SOSIAL DAN PRIBADI INTROVERT DENGAN AKTUALISASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 BANJARMASIN. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 1(2).

Jaelani, A. Q., & Ilham, L. (2019). Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 97–106.

Jolivette, K., Swoszowski, N. C., Sanders, S., Ennis, R. P., & Boden, L. J. (2018). Positive Behavior Agreements. Journal of Correctional Education (1974-), 69(3), 16–31.

Khadijah, K., Marjohan, M., & Bentri, A. (2016). Kontribusi dukungan orangtua dan persepsi siswa tentang disiplin belajar terhadap perilaku membolos serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling. Konselor, 5(3), 172–181.

Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2011). Teori dan teknik konseling. Jakarta: Indeks.

Majeika, C. E., Wilkinson, S., & Kumm, S. (2020). Supporting Student Behavior Through Behavioral Contracting. TEACHING Exceptional Children, 40059920952475.

Marisa, C., Fitriyanti, E., & Utami, S. (2018). Hubungan pola asuh orangtua dengan motivasi belajar remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 25.

Marisa, C., & Putri, A. M. (2017). The influence of individual counseling in improving learning motivation for students. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 137–144.

MASYITHAH, M., Nurhasanah, N., & Nurdin, S. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA MEMBOLOS SEKOLAH di SMP NEGERI 16 BANDA ACEH. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(3).

McKinney, S. (2013). Truancy: A research brief. New York, NY: Vera Institute of Justice, Status Offense Resource Centre.

Nwokolo, C., Anyamene, A., & Nzerem, H. O. P. (2020). Relative Effectiveness of Cognitive Restructuring and Contingency Contracting Techniques on Bullying Behaviour Among Secondary School Students in Imo State. Journal of Guidance, 4(2), 114–124.

Obibuba, I. M. (2020). Behaviour Modification as An Effective Technique in Classroom Teaching. Behaviour, 10(12).

PARAMITA, F. C. (2017). Penerapan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Behaviour Contract Untuk Mengatasi Siswa Yang Sering Terlambat Sekolah Di Smk Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. UMK.

Prabowo, A. (2016). Kesejahteraan psikologis remaja di sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 246–260.

Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: RajaGrafindo Persada.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

PURNAMASARI, W., & MUIS, T. (2018). STUDI KASUS TENTANG PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMA NEGERI 1 PLUMPANG TUBAN. Jurnal BK UNESA, 9(1).

Putri, L. R. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Membolos Pada Remaja SMKN 10 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Rahmadhony, S. (2019). The Effectiveness of Token Economy to Reduce Truant Behaviour. International Journal of Education & Curriculum Application, 2(1), 24–30.

Reswastiyo, A., & Rahmi, S. (2019). PENGARUH TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 6 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 1(1).

Sanyata, S. (2012). Teori dan aplikasi pendekatan behavioristik dalam konseling. Jurnal Paradigma, 14(7), 1–11.

Setyowati, P., & INDAH PRATIWI, T. (2019). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN SOLUTION-FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMPN 33 SURABAYA. Jurnal BK UNESA, 9(3).

Sitorus, M. (2020). Studi tentang Pemanfaatan Waktu Siswa Membolos pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Pekanbaru. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Sulistyawati, S., & Hudaya, A. (2018). KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU MALADAPTIF ANAK DI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) KLAS II SURAKARTA. IAIN SURAKARTA.

TRI MURDIANTI, Y., & Nursalim, M. (2018). Studi Tentang Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 2 Semen Puhsarang Kabupaten Kediri. Jurnal BK UNESA, 9(1).

Wahyuningrum, N. (2019). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMK NEGERI 9 SURAKARTA. Universitas Negeri Semarang.

Yulianthi, H., Komalasari, G., & Mamesah, M. (2012). Faktor Penyebab Siswa Membolos (Survey pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 232 Jakarta). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 3–6.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42421

Article Metrics

Abstract Views : 4430 | PDF Views : 2672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wildha Banu Yekti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.