Studi Meta Analisis Kebermaknaan Hidup Single Parent



Dewi Justitia(1*), Neviyarni S(2), Yarmis Syukur(3),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Single parent merupakan kondisi keluarga yang salah satu dari orangtua yang tinggal bersama anaknya (mungkin ibu, mungkin ayah) dan bertanggung jawab sepenuhnya dapat dikarenakan kematian atau perceraian, sehingga  kekososongan makna hidup akan terasa dalam kehidupan seseorang ketika mengalami kejadian yang mengecewakan dan tidak diinginkan dalam kehidupannya. Tujuan penenelitianini adalah untuk menganalisis kebermaknaan hidup single parent (janda) . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Tahap awal dalam penelitian ini adalah merumuskan masalah, kemudian ditindak lanjuti dengan menulusiri  hasil peneltian dengan judul yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan 4 artikel, 5 skripsi dan 2 tesis dengan menelusiri jurna melalui google scholar serta repository. Berdasarkan hasil penelusuran ditemui  artikel dan tesis.  Data dianalisis dengan mendeskripsikan secara kualitatif. Setelah dianalisis ditemukan bahwa status singe parent (janda) tidak menjadikan perempuan kehilangan kebermaknaan hidup, salah satu faktornya adalah rasa bertanggung jawab terhadap anak dan keberlangsungan kehidupan keluarga.


References


Adriani, S. (2015). Makna Hidup Pada Perempuan Single Parent Karena Bercerai (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Andaresta, N. (2017). Proses Kebermaknaan Hidup Relawan: Studi Kasus Pada Seorang Relawan Perempuan Yang Single Parent (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Ayie Nudwina, 2019, Makna Hidup Pada Janda Dewasa Madya Yang Mengalami Kematian Suami. Skripsi. Mendadak Fakultas Psikologi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak: Jakarta: Penerbit Erlangga. Taufik Imam. 2010. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Ganeca Exact.

Fahmi, R. (2018). MENJANDA DAN MEMAKNAI KELUARGA (SUATU PENELITIAN DI GAMPONG KUEH KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR). ETD Unsyiah.

Farghadani, A., Navabinejad, S., & Shafiabady, A. (2010). Designing A Model Based On Mindfulness, Nonexistential Resistance To Life And Sociability Focusing On Search For Meaning In Life In Divorced Women. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 5, 1650-1664.

Greenberg, M. T. (1999). Attachment And Psychopathology In Childhood.

Kompas, 2011. Https://Koran.Tempo.Co/Edisi/3891/2011-01-01

Lufianingsih Setyowati, (2019), Kebermaknaan Hidup Pada Janda. Skripsi, Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mehta, K. Chowdry. 2006. Effect 0f Widowhood On Repression-Sensitisasoin Tendency. Journal Of The Indidan Academi Of Applied Psycology, 1(3), 221-225.

MKS, K. (2009). Obsesi Perempuan Dalam Menggapai Kebebasan Dan Emansipasi.

Mujib, Abdul (2019) Pengaruh Kebersyukuran Terhadap Kebermaknaan Hidup Pada Janda Di Kelurahan Merjosari Kota Malang. Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mardhika, A. R. (2013). Gambaran Pencarian Makna Hidup Pada Wanita Dewasa Muda Yang Mengalami Kematian Suami Mendadak. Jurnal Psikogenesis, 1(2), 107-115

Rianti, E. (2014). Perbedaan Kebermaknaan Hidup Pada Janda Paruh Baya Karena Kematian Dan Perceraian (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

Sensitisasoin Tendency. Journal Of The Indidan Academi Of Applied Psycology. Volume 01, No.3, Halaman 221-225

THAUFANI, F. (2011). KEBERMAKNAAN HIDUP WANITA SINGLE PARENT PADA MASA LANSIA (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

Frankl, G. (2003). The Social History Of The Unconscious: A Psychoanalysis Of Society. Open Gate Press

ULFAH, M. (2019). Gambaran Mengenai Makna Hidup Penyanyi Dangdut Yang Memiliki Gaya Hidup Hedonis Berstatus Single Parent (Janda) (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana).

Wibowo. (2008). Manajemen Kinerja. Jakarta. Penerbit: Rajagrafindo Persada.

Welly, N. S., & Sari, G. G. (2017). Makna Hidup Janda Muda Pelaku Cerai Gugat Di Kota Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Riau University).

Wahyuni, S. D. (2010). Konflik Dalam Keluarga Single Parent (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Konflik Dalam Keluarga Single Parent Di Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Sukoharjo).

Vander Zanden, J. W. (1993). Human Development. Mcgraw-Hill Book Company.




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.31542

Article Metrics

Abstract Views : 713 | PDF Views : 515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Dewi Justitia, Neviyarni Neviyarni, Yarmis Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats