Perancangan Buku Cerita Bergambar Seni Lukis Timbul Untuk Tunanetra Berjudul Sentuh Aku
Felicia Andi Zahra(1*), Martha Tisna Ginanjar Putri(2), Dian Handayani(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang buku cerita bergambar Sentuh Aku yang dapat menginspirasi dan membantu penyandang tunanetra dan pendamping untuk mengeksplorasi dan menekuni dunia seni melalui seni lukis timbul. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan seorang guru dengan pengalaman dalam mengajar anak-anak tunanetra, observasi, buku-buku, kamus, artikel dalam jurnal, skripsi, ensiklopedia, undang-undang, modul, artikel majalah, klasifikasi medis, dan halaman web. Diketahui bahwa penyandang tunanetra jenis low vision masih dapat melihat bentuk sederhana berukuran besar dan warna cerah dan bahwa anak-anak penyandang tunanetra dapat mengikuti kegiatan yang pada umumnya menggunakan indera penglihatan dengan bantuan dan bimbingan pendamping. Anak-anak tersebut juga memiliki rasa penasaran dan keinginan untuk mengalami pengalaman yang baru. Seni lukis timbul dapat menjadi sebuah jembatan aksesibilitas bagi anak tunanetra dengan seni, maka dorongan untuk menekuni seni lukis timbul diperlukan. Hasil dari penelitian merupakan perancangan buku cerita bergambar berjudul Sentuh Aku. Buku cerita dibuat dengan kertas khusus braille berukuran 18 x 46 cm yang memiliki efek timbul pada huruf braille serta ilustrasi utama setiap halaman. Buku juga memiliki dua jenis huruf yaitu alphabet dengan font Verdana dan braille. Terdapat 35 ilustrasi pada buku yang dibuat dengan warna yang cerah dan gaya ilustrasi yang sederhana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Balkiz, K. N. (t.t.). Esref Armagan: A blind Turkish painter who sees through his fingertips. Esref Armagan: A Blind Turkish Painter Who Sees through His Fingertips. Diambil dari https://www.trtworld.com/magazine/esref-armagan-a-blind-turkish-painter-who-sees-through-his-fingertips-53568
Britannica, T. E. of E. (Ed.). (2019, April 24). embossing. Dalam Encyclopedia Britannica. Diambil dari https://www.britannica.com/art/embossing
Britannica, T. E. of E. (2024, Januari 2). art. Diambil dari https://www.britannica.com/art/visual-arts
DEKLARASI UNIVERSAL HAK-HAK ASASI MANUSIA, § 27 (1948).
Garner, B. (2016). THE TOOLBOX Using Mind Maps as Teaching Tools. The Toolbox, 14(5). Diambil dari www.sc.edu/fye/toolbox2
Hidayat, M. (2018). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BERUPA BUKU COMPANY PROFILE DAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PADA PT.ANUGRAH INTI TOOLING KABUPATEN TANGERANG. Akademi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Informatika, Tanggerang. Diambil dari https://widuri.raharja.info/index.php?title=TA1214373079
Himpunan Mahasiswa Desain Interior. (2021). Apa itu Skema Warna? Diambil 13 Januari 2024, dari https://student-activity.binus.ac.id/himdi/2021/02/07/apa-itu-skema-warna/
Janottama, I. P. A., & Putraka, A. N. A. (2017). Gaya Dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh Pada Cerita Rakyat Bali. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 5(0). https://doi.org/10.31091/sw.v5i0.189
Jones, R. (2023). What do blind people see? Light and color perception. Dalam Medical News Today. Diambil dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-do-blind-people-see#what-they-see
Manastas, L. (2016). Strategi Mengajar Siswa Tunanetra. (A. Sobari, Ed.). Yogyakarta: KYTA.
Merriam-Webster. (t.t.). Book Definition & Meaning - Merriam-Webster. Merriam-Webster. Diambil dari https://www.merriam-webster.com/dictionary/book#citations
Meyer, I. (2022, Oktober 28). What Is Impasto in Art? - Learn to Master the Impasto Technique. Diambil 14 Januari 2024, dari https://artincontext.org/what-is-impasto-in-art/
Mosesian Center for the Arts. (2019). Please Touch the Art. Diambil 14 Januari 2024, dari https://www.mosesianarts.org/product/717?v=970 Museum of Modern Art. (t.t.). Impasto. Diambil 3 Januari 2024, dari https://www.moma.org/collection/terms/impasto
Raden, A. Z. M. (2016). Modul Tipografi Dasar. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. RNIB. (2020).
Colour and contrast for people with sight loss. Diambil dari https://media.rnib.org.uk/documents/Colour_and_contrast_for_people_with_sight_loss_2020.pdf
Seoane, A. F., Araújo, V. L. S., & Vieira, R. C. C. (2022). DESIGNING A METHOD TO ACESSIBILIZE VISUAL ARTS FOR THE VISUALLY IMPAIRED. Revista GEMInIS, 12(3), h. 54–71. https://doi.org/10.53450/2179-1465.rg.2021v12i3p54-71
Sidhartani, S., & Ranuhandoko, N. (2016). Desain Elemen Dwimatra. Universitas Indraprasta PGRI.
Tanaya, L. M., Mayuni, P. A., & Angendari, M. D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA MOODBOARD PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SERIRIT. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 13(1), h. 11–19. https://doi.org/10.23887/jppkk.v13i1.43786
Weyer, A., Roig, P., Pop, D., Cassar, J., Özköse, A., Vallet, J.-M., & Srša, I. (2015). EwaGlos: European Illustrated glossary of conservation terms for wall painting and architectural surfaces. Hornemann Institute. https://doi.org/10.5165/hawk-hhg/300
Widjaya. (2017). Seluk-Beluk Tunanetra & Strategi Pembelajarannya. (Chrisna, Ed.). Yogyakarta: Javalitera.
World Health Organization. (2022). International Classification of Diseases Eleventh Revision (ICD-11). Diambil 23 Juni 2024, dari https://icd.who.int/browse/2024-01/mms/en#1103667651
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v4i1.4339
Article Metrics
Abstract Views : 123
|
PDF Views : 70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Felicia Andi Zahra, Martha Tisna Ginanjar Putri, Dian Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

