Perancangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Pengenalan Kumbang Tanduk Pada Anak



Mutiara Aisah Istiqomah(1), Yayah Rukiah(2*), Widya Nuriyanti(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini, untuk merancang buku cerita bergambar tentang kumbang tanduk yang berjudul Yuk! Mengenal Kumbang Tanduk yang dapat memberikan pengetahuan baru kepada anak-anak. Buku cerita bergambar dirancang dengan cerita yang mudah dimengerti oleh anak-anak dan ilustrasi yang ditampilkan dibuat dengan warna yang menarik agar saat dibaca anak tidak merasa bosan. Perancang buku cerita bergambar ini merupakan media yang cukup penting di tengah kemajuan teknologi, anak-anak yang sudah lebih banyak menggunakan gadget ketimbang membaca buku menjadikan media buku menjadi tidak cukup terkenal. Dan oleh karena itu dengan adanya media buku cerita bergambar ini anak-anak diharapkan dapat lebih aktif dan kembali membaca buku, selain itu dengan membaca buku dapat membantu daya imajinasi anak agar menjadi lebih ekspresif pada lingkungan di sekitarnya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif atau menggunakan metode dengan cara mengumpulkan data-data terkait yang berasal dari observasi melalui buku, jurnal dan juga artikel, lalu mendapatkan. data melalui wawancara narasumber. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa kumbang tanduk bukan hanya sebuah serangga, namun kumbang tanduk memiliki peran dalam ekosistem tumbuhan. Tapi banyak yang mengira jika kumbang hanyalah hama bagi tumbuhan, maka dari itu buku cerita gambar ini dirancang untuk anak-anak agar dapat mengenal kumbang tanduk agar dapat mengubah pemikiran anak-anak sejak usia dini.


Keywords


Buku Cerita Bergambar; Kumbang Tanduk; Media; Pengenalan

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. I., Ismaya, E. A., dan Pratiwi, I. A. (2022). Dampak penggunaan gadget terhadap karakter peduli sosial anak. Jurnal Basicedu 6(2):2547–55. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3/.

Amini, N., dan Suyadi. (2020). Media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9(2):119–29. https://core.ac.uk/download/pdf/356511218.pdf.

Catherine R. A., dan Satriyadi. (2021). Pemanfaatan tipografi untuk anak usia dini melalui media komunikasi visual. Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassa 1. https://www.academia.edu/download/67403792/PEMANFAATKAN_TIPOGRAFI_UNTUK_ANAK_USIA_DINI_MELALUI_MEDIA_KOMUNIKASI_VISUAL.pdf.

Efendi, S. (2022). Aplikasi pengelolaan hama terpadu kumbang tanduk (oryctes rhinoceros l.) pada kelapa sawit di nagari giri maju kabupaten pasaman barat. Jurnal Hilirisasi IPTEKS 4(3):149–59. https://hilirasi.lppm.unand.acid/index.php/JHI/article/download/498/231 .

Hardiansyah, R., Walida, H., Dalimunthe, B. A., dan Harahap, F. S. (2022). Pengendalian hama kumbang tanduk (oryctes rhinoceros l) dengan pemanfaatan sari buah nanas dan air nira sebagai perangkap ferotrap alternatif di perkebunan kelapa sawit lahan tani jaya rokan hilir. Jurnal Agro Estate 6(1):1–8. https://doi.org/10.47199/jae.v6i1.228.

Kervin, L. dan Mante, J. (2014). Interprenting the images in a picture book: students make connections to themselves. Their live experience. English Teaching: Practice and Critique 13(2):76–92. http://education.waikato.ac.nz/research/files/etpc/files/2014v13n2art5.pdf.

Kustian, N. G., (2021). Penggunaan metode minp mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Riset Akademik 1(1):30–37. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384.

Manurung, R. U., Mahrus., dan Lestari, T. S. (2023). Diversity of coleoptera order soil insects in kerandangan nature park area. Jurnal Biologi Tropis 23(1):7–15. https://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JBT/article/download/5901/3404

Saraswati. (2023). Manfaat kumbang tanduk bagi lingkungan dan manusia. Posbali.Co.Id 1. Retrieved (https://posbali.co.id/2023/08/24/manfaat-kumbang-tanduk/).

Sukanta, W., Ahmad, S., dan Asiyah, S. (2017). Pengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil pelestariannya di kelas viii smp negeri 1 belitang iii kabupaten oku timur tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Swarnabhumi 2(1):24. https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/swarna/article/view/1133/963

Syamsul, R. L., & Ernawati, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Moodboard pada Pelatihan Desainer Pakaian Kreasi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 200-208. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/623

Umri, A. H., & Muslim, M. (2025). Kumbang Badak sebagai inspirasi penciptaan lukisan. Imajinasi: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(2), 216-229. https://journal.asdkvi.or.id/index.php/Imajinasi/article/view/698

Yulianti, I. (2021). Perancangan desain karakter Jole berbasis lokal Flores, Indonesia. Journal of Animation and Games Studies, 7(1), 63-72. https://journal.isi.ac.id/index.php/jags/article/view/4382




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v4i1.4337

Article Metrics

Abstract Views : 144 | PDF Views : 94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mutiara Aisah Istiqomah, Yayah Rukiah, Widya Nuriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License